Aparat Menggagalkan Penyelundupan Tulang Beruang Madu Tujuan Vietnam

Aparat Menggagalkan Penyelundupan Tulang Beruang Madu Tujuan Vietnam

Aparat Menggagalkan Penyelundupan Tulang Beruang Madu Tujuan Vietnam

Aparat Menggagalkan Penyelundupan Tulang Beruang Madu Tujuan Vietnam

BERKAH POKER – Aparat Menggagalkan Penyelundupan Tulang Beruang Madu Tujuan Vietnam – Aparat gabungan menggagalkan penyelundupan ribuan tulang dan kuku Beruang Madu tujuan Vietnam, dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan. Di Vietnam, bagian satwa yang dilarang diperjualbelikan itu jadi bahan kosmetik.

Keterangan itu diperoleh dari warga Samarinda, Sabri, yang ditangkap 25 Oktober 2017, dan telah ditetapkan menjadi tersangka pembunuhan dan penyelundup satwa Beruang Madu. Dia kini mendekam di sel penjara Polresta Samarinda.

“Hasil sementara penyidikan, ada tujuan khusus ke Vietnam, karena dihargai sangat mahal untuk bahan kosmetik. Dan memang, punya pelanggan tetap di Vietnam,” kata Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Kalimantan Subhan, dalam keterangan resmi di kantor BKSDA Kalimantan Timur, Jalan Teuku Umar, Samarinda, Kamis (2/11).

“Terkait kasus-kasus satwa liar, jadi perhatian khusus. Sekarang memang masih 1 tersangka. Tapi penyidikan, penyelidikan masih berjalan. Dijerat dengan Undang-undang Nomor. 5 Tahun 1990 Tentang Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya. Memang, sanksi penjara. 5 tahun dan denda. Rp 100 juta ringan, berdasarkan produk Undang-undang tahun. 90, tapi undang-undang itu sedang direvisi,” ujar Subhan.

Oleh kurir yang ditugaskan Sabri ke kantor Pos Tenggarong, disebutkan paket berisi aksesoris. Namun demikian, petugas Bea dan Cukai Balikpapan, menaruh rasa curiga, lantaran penjelasan isi paket, tidak sesuai dengan pengamatan hasil X-Ray saat pemeriksaan. 14 Juli 2017 lalu. JUDI POKER

“Dari informasi itu, setelah dilacak hingga ke tersangka, memang memerlukan proses panjang,” kata Kepala BKSDA Kalimantan Timur Sunandar Trigunajasa, di kesempatan yang sama.

“Kami apresiasi di rekan Bea Cukai dan Balai Gakkum, terkait organ bagian tubuh satwa dilindungi yang gagal diselundupkan. Dengan ini, kami juga akan tingkatkan pengawasan di tengah masyarakat,” ujarnya. POKER ONLINE TERPERCAYA

Namun sayang, sejauh ini, BKSDA belum mengantongi informasi dan data terkini, populasi Beruang Madu, yang masuk dalam kategori satwa langka. Sebaran populasi beruang madu, ada di Kaltim dan Kaltara.

AGEN POKER ONLINE – Di antaranya di Sungai Wain di Balikpapan, di kabupaten Paser di Kaltim. Juga ada populasi Beruang Madu di hutan jantung Borneo, di Kalimantan Utara seperti di Kayan Mentarang di Malinau, juga di Taman Nasional Kutai di Kutai Timur.

“Edukasi, dan sosialisasi perlindungan satwa ke tengah masyarakat terus kami gencarkan. Terlebih lagi dengan adanya kasus ini. Tentu, diharap ada bantuan masyarakat, termasuk NGO yang membidangi satwa Beruang Madu ini,” tandasnya.

Diketahui, kasus terbongkar saat paket hendak dikirim ke Vietnam, hingga akhirnya, tim gabungan BKSDA, Balai Gakkum dan Bea Cukai, menangkap Sabri di Samarinda. Dari penyidikan, ribuan tulang dan kuku Beruang Madu itu, berasal dari 55 Beruang Madu yang diduga dibunuh kurang dari 1 tahun terakhir.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bandar Cheat © 2017 Frontier Theme