Aksi Bully Bernuansa SARA di Sekolah Dasar

Aksi Bully Bernuansa SARA di Sekolah Dasar

Aksi Bully Bernuansa SARA di Sekolah Dasar

Aksi Bully Bernuansa SARA di Sekolah Dasar

BERKAH POKER – Aksi Bully Bernuansa SARA di Sekolah Dasar – Jajaran Subdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polda Metro Jaya masih mendalami kasus perundungan atau bully terhadap anak laki-laki berinisial JSZ. Diduga, siswa SDN 16, Pasar Rebo, Jakarta Timur itu kerap mendapatkan ejekan bernada SARA dari rekan-rekannya di sekolah.

“Itu kejadian sudah lama itu, dia enggak mau masuk sekolah di-bully sama teman-temannya, dia dijuluki Ahok-Ahok,” kata Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan.

Atas bully itu, JSZ sering tak sekolah karena takut akan sikap teman-temannya. Bahkan, korban meminta kepada orangtuanya untuk pindah ke sekolah lain. “Dia merasa tidak nyaman tetap untuk maunya pindah sekolah,” katanya.

POKER ONLINE TERPERCAYA -Setelah mendapatkan laporan tersebut, lanjut Hendy, polisi juga menemui pengelola dan guru SDN 16 agar bisa memberikan pemahaman terhadap siswa dan siswi di sekolah tersebut.

“Intinya dari pihak sekolah akan memperketat pengawasan terhadap siswanya khususnya terhadap JSZ,” katanya.

Dalam kasus ini, polisi belum bisa melakukan penindakan secara hukum terhadap anak-anak yang diduga terlibat. Sebab, polisi lebih mengutamakan proses pemahaman agar rekan-rekan JSZ tak lagi melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

“Ini kan anak-anak SD yang masih belum tahu akibat perbuatannya. Jadi kami lebih kepada pendekatan-pendekatan tersebut,” katanya.

Ibunda JZS, Albina Averina Zaluku (35) menceritakan perlakuan yang diterima anaknya di sekolah. “Jadi anak saya ini sering dipanggil Ahok oleh teman-temannya. Dia bosen dengarnya bahkan dia sering dikeroyok oleh teman sekelasnya,” kata Albina di Polsek Pasar Rebo.

Tak hanya di-bully bernada SARA, anaknya itu mengaku pernah ditusuk telapak tangannya dengan menggunakan pensil oleh temannya. Atas kejadian tersebut korban mengalami luka. “Dia ditusuk sampai enggak bisa tulis karena ditusuk itu,” ujarnya.

Albina melanjutkan, saat tangan anaknya dilukai, ada seorang guru yang mengobatinya. Anaknya menceritakan peristiwa itu pada gurunya. Namun tidak ada tindak lanjut dari guru itu. Setelah kejadian itu, anaknya tidak mau pergi sekolah. Bahkan dia menginginkan pindah dari sekolah itu. AGEN POKER TERPERCAYA

“Dia sudah tidak mau sekolah di situ mau pindah, tapi belum tahu pindah ke mana, ada yang dia pingin tapi mahal, bagaimana saya juga bingung,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Jasra Putra turun langsung mengecek kasus bullying yang menimpa JSZ. Dia menyayangkan masih ada perundungan bernada suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). JSZ di-bully teman-temannya dengan sebutan Ahok.

“Benar dia di-bully dan dipanggil Ahok,” kata Jasra.

Dia juga menyayangkan pihak sekolah yang tidak mengetahui dugaan bullying yang terjadi di sekolah. Karena itu perlu dilakukan penyelidikan oleh dinas pendidikan DKI Jakarta. Lingkungan pendidikan sejatinya tempat mencerdaskan anak baik dari sisi intelektual, spritual, emosional dan sosial.

“Diharapkan dunia pendidikan bisa membantu menemukan kecerdasan tersebut secara terintegrasi pada diri anak. Sehingga anak merasakan lingkungan pendidikan yang ramah terhadap anak,” kata dia. AGEN POKER ONLINE

Pihak sekolah dan guru seharusnya memberi perlindungan terhadap anak-anak. Sebagaimana tertera dalam Pasal 54 Ayat 2 UU nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Jasra mengimbau semua pihak untuk tidak melakukan diskriminasi dan tindakan kekerasan terhadap anak-anak. Sebab, sangat bertentangan dengan UU Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak Pasal 9 Ayat 1a yang berbunyi demikian. “Setiap anak berhak mendapatkan perlindungan di satuan pendidikan dari kejahatan seksual dan kekerasan yang dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik dan atau pihak lain,” kata dia.

“Oleh sebab itu, semua pihak harus bekerja sama secara baik untuk memastikan hak-hak korban maupun pelaku anak bisa terpenuhi, termasuk pendidikan dan rehabilitasi atau pendampingan psikologisnya,” ucapnya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bandar Cheat © 2017 Frontier Theme