Bandar Cheat

Agen terpercaya

Perbedaan Kutub Selatan dengan Dunia Kita

Perbedaan Kutub Selatan dengan Dunia Kita

Perbedaan Kutub Selatan dengan Dunia Kita

Perbedaan Kutub Selatan dengan Dunia Kita

AGEN POKER – Perbedaan Kutub Selatan dengan Dunia Kita – Tak ada tempat yang lebih menggambarkan suhu dingin lebih dari kutub. Terlebih lagi Kutub Selatan atau Antartika. Tak cuma dingin, terpencil dan jauh dari keramaian, Antartika juga punya fenomena alam yang jauh berbeda dengan Bumi tempat kita tinggal.

Sebegitu berbedanya fenomena alam yang ada di tempat paling bawah di Bumi tersebut, Antartika menarik bagi para ilmuwan untuk selalu menelitinya. Peneliti yang sudah tinggal selama berbulan-bulan di sana pun, akhirnya menyimpan banyak sekali kebingungan akan hal yang terjadi di sana.

Berikut beberapa ulasan soal kutub selatan terkait berbagai fenomenanya yang berbeda dengan dunia kita.

1. Di musim dingin, tak ada siang hari. Di musim panas, tak ada malam hari

Jika kita terbiasa bangun pagi dengan sinar matahari menerpa wajah kita, hal ini tak akan terjadi di musim dingin Antartika. Bagaimana tidak, karena jauhnya Antartika dari garis Khatulistiwa, tak ada matahari muncul di musim dingin. Karena kemiringan Bumi, malam hari di sana lebih dari 24 jam. Agen Texas Poker

Sebaliknya, di musim panas kita tak akan menemui malam hari di Antartika. bahkan ketika waktu menunjukkan tengah malam, matahari masih akan muncul.

Dalam hal ini, Antartika kebalikan dari Arktik atau kutub Utara. Di sana, juga mengalami hal serupa, di mana jika Kutub utara siang hari, di Antartika malam hari.

2. Terkadang, Anda tak butuh jam

Jika Anda tinggal di Antartika, dan sudah masuk musim panas, maka fenomena yang terjadi adalah matahari akan mengelilingi langit. Benar, matahari akan mengelilingi langit, dan berangsur-angsur naik sampai pertengahan musim panas. Jika sudah sampai pada titik tersebut, matahari mulai bergerak lambat menuju cakrawala.

Saat matahari mulai mengelilingi langit dan bersinar selama 24 jam, sangat mudah untuk tahu sekarang jam berapa. Hal ini dikarenakan matahari berada di posisi yang sama layaknya perputaran jam.

Anda bisa mengira-ngira jam makan siang hanya dengan datangnya arah matahari dari mana. Di keesokan harinya, hingga sepanjang musim panas, matahari akan terletak di situ saja.

3. Seseorang akan sulit tidur di Kutub Selatan

Judi Poker – Tahukah Anda kalau Antartika berada di atas bongkahan es setinggi 3000 meter? Benar, dengan datang ke sana saja, Anda sudah berada di ketinggian 3 kilometer di atas permukaan laut, di mana atmosfer jauh lebih dekat dengan Anda.

Mungkin Anda bisa beradaptasi dengan ketinggiannya. Namun secara fisiologis, praktiknya akan jauh berbeda. Hal ini dikarenakan elevasi bisa jadi lebih tinggi karena ada fenomena atmosfer tertentu yang hanya dialami Kutub.

Hal ini berupa gaya sentrifugal yang terjadi karena planet kita berputar pada porosnya, dan menarik atmosger menuju khatulistiwa, yang sejatinya justru menarik ‘langit’ je daerah selatan.

Ketika hal ini terjadi, udara akan makin tipis. Jadi, di keadaan biasa pun, di Kutub Selatan rasanya akan seperti naik gunung. Dan seperti yang dialami pendaki gunung, ketidak nyamanan perbedaan atmosfer akan membuatnya tak bisa tidur.

4. Kutub Selatan bergerak!

Perbedaan Kutub Selatan dengan Dunia Kita – Secara geografis, tak mungkin sebuah daerah bergerak. Namun banyak bangunan di Kutub Selatan diberi penanda, dan terbukti Kutub Selatan bergerak!

Setiap harinya, Kutub Selatan bergerak 2,5 sentimeter. Kira-kira tiap tahun Kutub Selatan bergerak sejauh 9 meter. Hal ini terjadi lantaran Kutub Selatan berada di kutub magnet selatan Bumi. Kutub Selatan bertindak selayaknya magnet yang saling tarik-menarik dengan kutub utara yang di sana terdapat kutub magnetik utara.

Fakta ini disadari para ilmuwan yang selalu ada di sana. Para ilmuwan menentukan lokasi yang tepat secara geografis dari Kutub Selatan, lalu penanda tersebut dipindahkan setiap tahun.

Terdapat upacara untuk memperingati hal ini tiap tahunnya. Hal ini dilakukan sebagai pengingat kalau Kutub bergerak.

5. Lebih dingin dari freezer

Tak mengejutkan kalau Antartika adalah tempat terdingin di dunia. Namun mungkin Anda tak memiliki gambaran sedingin apa. Suhu rata-rata saja sekitar minus 51 derajat Celcius.

Juli selalu jadi bulan terdingin di Antartika dengan suhu rata-rata minus 60 derajat Celcius hingga minus 63 derajat Celcius.

Ini saja tak cukup, pasalnya temperatur terdingin yang pernah dicatat tentu pernah dicatat di Antartika dengan suhu minus 89,2 derajat Celcius. bahkan freezer di kulkas kita saja tak sampai minus 20 derajat Celcius.

6. Kutub Selatan bisa alami tahun baru berkali-kali

Zona waktu yang ada di Bumi ini dibedakan tiap 15 derajat bujur. Karena Bumi bentuknya seperti globe, di khatulistiwa, jarak 15 derajat bujur akan sangat jauh (111 kilometer), dan di ujung kutub, 24 zona waktu itu bertemu. Poker Online Terpercaya

Jadi secara harfiah, jika Anda tinggal di Kutub Selatan Anda bisa memasuki berbagai zona waktu hanya dengan berjalan beberapa langkah. Karena hal ini, perayaan tahun baru adalah hal yang menarik di sana.

Menurut mereka yang pernah menghuni fasilitas riset di kutub Selatan, tahun baru adalah saatnya pesta karena mereka secara harfiah bisa merasakan detik pergantian tahun dari setiap waktu di Bumi.

Facebook Comments
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Content Protection by DMCA.com Copyrights © 2010. All rights reserved                 Best viewed in 1024 x 768 resolution Frontier Theme